Tuesday, April 10, 2012

RPP karakter garis dan sudut


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah                                   : SMP
Mata Pelajaran                      : Matematika.
Kelas/Semester                      : VII/2
Alokasi Waktu                       : 3 x 40 menit

Standar Kompetensi            
5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya

Kompetensi Dasar               
5.1  Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
Indikator       
 

1.      Menentukan hubungan antar garis
2.      Menentukan jenis sudut
3.      Menentukan besar sudut.

A.      Tujuan Pembelajaran
Kognitif
1.      Dengan diberikan dua garis, siswa dapat menentukan hubungan antar garis.
2.      Dengan diberikan satu bangun ruang, siswa dapat menentukan hubungan antar rusuk dalam bangun ruang
3.      Dengan diberikan sebuah bangun, siswa dapat menentukan jenis sudut dalam bangun.
4.      Dengan diberikan sebuah bangun datar, siswa dapat menentukan besar sudut dalam bangun datar tersebut menggunakan busur derajat.
Afektif
a.        Perilaku Berkarakter
5.      Siswa mempunyai rasa tanggung jawab dan mau membantu teman

b.        Ketrampilan Sosial
6.      Dengan KBM (kegiatan belajar mengajar) yang berpusat pada siswa, siswa dapat berkomunikasi dengan presentasi, bertanya, dan berpendapat.

B.       Materi Pembelajaran: Kedudukan Dua Garis dan Jenis Sudut
    
C.     Model dan Metode Pembelajaran:      
Model       : Pembelajaran kooperatif
Metode     : Diskusi, Presentasi dan Pemberian Tugas
Tipe          : STAD

D.     Langkah-langkah Kegiatan
Pendahuluan ( 10 menit)
1.      Memotivasi (menyuruh siswa membaca bagian pendahuluan dari buku siswa dan menceritakan sejarah 360 derajat)
2.      Mengingatkan materi prasyarat, yaitu : beberapa bangun ruang dan bangun datar
3.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 100 menit)
Kolaborasi
4.      Menjelaskan informasi singkat tentang garis dan sudut
5.      Memberikan satu contoh mengukur besar sudut
6.      Menjelaskan metode pembelajaran yang akan dilakukan
Elaborasi
7.      Mengorganisasikan siswa dalam kelompok (setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa yang heterogen)
8.      Membagikan LKS pada setiap kelompok
9.      Membimbing setiap kelompok untuk menyelesaikan LKS (bertanggung jawab dan mau membantu teman)
10.  Meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan jawaban mereka (bertanggung jawab)
Konfirmasi
11.  Memberikan penguatan terhadap presentasi dan tanggapan siswa
Penutup
12.  Membimbing siswa merangkum materi hubungan antara garis dengan garis, jenis sudut dan ukuran sudut
13.  Meminta siswa mempelajari sifat sudut dalam dua garis yang dipotong oleh garis ketiga
14.  Meminta siswa mengerjakan latihan pada buku siswa di rumah

E.       Sumber Pembelajaran
1.      LKS
2.      Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter
3.      Lembar Pengamatan Keterampilan Sosial

F.       Daftar Pustaka

Kusrini dkk., 2009. Contextual Teaching and Learning Matematika Kelas VII Edisi 4.  Jakarta: Pusat Perbukuan

Menteri Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan dasar dan Menengah.








Mengetahui,                                                           
Kepala Sekolah                                                     Guru Mata Pelajaran Matematika


Wakiran, S.Pd                                                      Mufatin Fauziyah, S.Pd


LKS
math.gifNama Anggota Kelompok:
1.        ..........................................
2.        ..........................................
3.        ..........................................
4.        ..........................................


I.         Menentukan Hubungan Antar Sudut
a.       Review:
Garis yang tidak akan berpotongan disebut garis..............
Garis yang berpotongan disebut garis..............
Garis yang tidak berpotongan dan tidak sejajar disebut...............
Garis yang sama disebut...............
b.     

H
 

E
 

A
 

B
 

C
 

D
 

F
 

G
 
Perhatikan










1.      AB .........‖........‖.........
BC‖.........‖.......‖...........
AE‖........‖.......‖............
2.      AB berpotongan dengan ......., ......., ........, ........
BC berpotongan dengan ......., ......., ........, ........
AD berpotongan dengan ......., ......., ........, ........
CD berpotongan dengan ......., ......., ........, ........
3.      AB bersilangan dengan ......., ......., ........, ........
BC bersilangan dengan ......., ......., ........, ........
CD bersilangan dengan ......., ......., ........, ........
AD bersilangan dengan ......., ......., ........, ........
II.      Mengukur Besar Sudut
Alat: Busur derajat







·         Untuk mengukur sudut PQR di atas caranya sebagai berikut:
1.      Letakkan pusat busur derajat pada titik sudut, yaitu titik .... Impitkan garis horisontal busur derajat yang tertulis angka 0 pada salah satu kaki sudut, yaitu QR
2.      Lihatlah angka pada busur derajat yang berimpit dengan kaki sudut yang lain, yaitu.....
3.      Kaki sudut pada langkah no. 2 menunjukkan angka .......
Jadi, besar sudut PQR adalah........
·         Ambil sebuah sapu lidi , kemudian  patahkan menjadi dua tapi jangan sampai putus
Gambarkan posisi lidi yang telah dipatahkan (tapi tidak putus) ke dalam kotak dibawah ini








Ukur berapa besar sudutnya.
Besar sudutnya adalah............
·        

R
 
Tentukan ukuran sudut di bawah ini menggunakan busur derajat:








Besar sudut ABC adalah.....
Besar sudut KLM adalah.....
Besar sudut PQR adalah.......
III.   Menentukan Jenis Sudut
Review
Sudut lancip adalah sudut yang ukurannya........
Sudut siku-siku adalah sudut yang ukurannya .............
Sudut tumpul adalah sudut yang ukurannya ..............   

S
 

R
 

Ukuran ABC =.......
ABC merupakan contoh sudut .......
Ukuran BCA =.......
BCA merupakan contoh sudut .......
Ukuran BAC =.......
BAC merupakan contoh sudut .......
Ukuran PQR =.......
PQR merupakan contoh sudut .......
Ukuran PSR =.......
PSR merupakan contoh sudut .......


 

Q
 

P
 

C
 

B
 

A
 



No comments:

Post a Comment