Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran :
Matematika.
Kelas/Semester : VII/2
Alokasi Waktu :
3 x 40 menit
Standar Kompetensi
5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta
menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar
Indikator
1.
Menentukan hubungan antar garis
2.
Menentukan jenis sudut
3.
Menentukan besar sudut.
A.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
1.
Dengan diberikan dua garis, siswa
dapat menentukan hubungan antar garis.
2.
Dengan diberikan satu bangun ruang,
siswa dapat menentukan hubungan antar rusuk dalam bangun ruang
3.
Dengan diberikan sebuah bangun,
siswa dapat menentukan jenis sudut dalam bangun.
4.
Dengan diberikan sebuah bangun
datar, siswa dapat menentukan besar sudut dalam bangun datar tersebut
menggunakan busur derajat.
Afektif
a.
Perilaku Berkarakter
5.
Siswa mempunyai rasa tanggung jawab dan mau membantu teman
b.
Ketrampilan Sosial
6.
Dengan KBM (kegiatan belajar
mengajar) yang berpusat pada siswa, siswa dapat berkomunikasi dengan
presentasi, bertanya, dan berpendapat.
B.
Materi Pembelajaran: Kedudukan
Dua Garis dan Jenis Sudut
C. Model dan Metode
Pembelajaran:
Model : Pembelajaran kooperatif
Metode : Diskusi, Presentasi dan
Pemberian Tugas
Tipe : STAD
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pendahuluan ( 10 menit)
1.
Memotivasi (menyuruh siswa membaca bagian
pendahuluan dari buku siswa dan menceritakan sejarah 360 derajat)
2.
Mengingatkan materi prasyarat, yaitu : beberapa
bangun ruang dan bangun datar
3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 100 menit)
Kolaborasi
4.
Menjelaskan informasi singkat tentang garis
dan sudut
5.
Memberikan satu contoh mengukur besar sudut
6.
Menjelaskan metode pembelajaran yang akan
dilakukan
Elaborasi
7.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
(setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa yang heterogen)
8.
Membagikan LKS pada setiap kelompok
9.
Membimbing setiap kelompok untuk
menyelesaikan LKS (bertanggung jawab dan mau membantu teman)
10.
Meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan
jawaban mereka (bertanggung jawab)
Konfirmasi
11.
Memberikan penguatan terhadap
presentasi dan tanggapan siswa
Penutup
12.
Membimbing siswa merangkum materi hubungan antara
garis dengan garis, jenis sudut dan ukuran sudut
13.
Meminta siswa mempelajari sifat sudut dalam
dua garis yang dipotong oleh garis ketiga
14.
Meminta siswa mengerjakan latihan pada buku siswa di rumah
E.
Sumber Pembelajaran
1.
LKS
2.
Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter
3.
Lembar Pengamatan Keterampilan
Sosial
F.
Daftar Pustaka
Kusrini
dkk., 2009. Contextual Teaching and Learning Matematika Kelas VII Edisi 4. Jakarta: Pusat Perbukuan
Menteri
Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik
Indonesia Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan dasar
dan Menengah.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran Matematika
Wakiran, S.Pd Mufatin
Fauziyah, S.Pd
LKS
Nama Anggota Kelompok:
1.
..........................................
2.
..........................................
3.
..........................................
4.
..........................................
I.
Menentukan Hubungan Antar Sudut
a. Review:
Garis
yang tidak akan berpotongan disebut garis..............
Garis
yang berpotongan disebut garis..............
Garis
yang tidak berpotongan dan tidak sejajar disebut...............
Garis
yang sama disebut...............
b.
|
|
|
|
|
|
|
|
1. AB
‖.........‖........‖.........
BC‖.........‖.......‖...........
AE‖........‖.......‖............
2. AB
berpotongan dengan ......., ......., ........, ........
BC
berpotongan dengan ......., ......., ........, ........
AD
berpotongan dengan ......., ......., ........, ........
CD
berpotongan dengan ......., ......., ........, ........
3. AB
bersilangan dengan ......., ......., ........, ........
BC
bersilangan dengan ......., ......., ........, ........
CD
bersilangan dengan ......., ......., ........, ........
AD
bersilangan dengan ......., ......., ........, ........
II. Mengukur
Besar Sudut
Alat: Busur derajat
·
Untuk mengukur sudut PQR di atas caranya
sebagai berikut:
1.
Letakkan
pusat busur derajat pada titik sudut, yaitu titik .... Impitkan garis
horisontal busur derajat yang tertulis angka 0 pada salah satu kaki sudut,
yaitu QR
2.
Lihatlah
angka pada busur derajat yang berimpit dengan kaki sudut yang lain, yaitu.....
3.
Kaki
sudut pada langkah no. 2 menunjukkan angka .......
Jadi,
besar sudut PQR adalah........
·
Ambil sebuah sapu lidi , kemudian patahkan menjadi dua tapi jangan sampai putus
Gambarkan
posisi lidi yang telah dipatahkan (tapi tidak putus) ke dalam kotak dibawah ini
Ukur
berapa besar sudutnya.
Besar
sudutnya adalah............
·
|
Besar
sudut ABC adalah.....
Besar
sudut KLM adalah.....
Besar
sudut PQR adalah.......
III. Menentukan
Jenis Sudut
Review
Sudut lancip adalah sudut yang
ukurannya........
Sudut siku-siku adalah sudut yang
ukurannya .............
Sudut tumpul adalah sudut yang ukurannya
..............
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment